Mengatasi Runtime Error Pada Komputer

Belajar komputer pada kasus Runtime Error. Ketika kita sedang mengoperasikan komputer, menjalankan suatu program lalu terjadi masalah komputer alias komputer “mogok” lalu muncul peringatan. Inilah saatnya anda mengalami salah satu dari runtime error. Ada banyak sekali runtime error dan kodenya masing-masing. Apa penyebab dan solusinya?
Runtime atau run-time error adalah pesan kesalahan dapat disebabkan oleh:
  1. Konflik Terminate-and-stay-resident (TSR) atau program yang sedang berjalan dan melakukan beberapa fungsi tertentu.
  2. Masalah software
  3. Virus komputer
  4. Masalah memori
Solusi:
Sebelum mengikuti rekomendasi untuk pemecahan masalah pada runtime error Anda jika Anda mendapatkan runtime error dengan kode kesalahan runtime dan pesan kesalahan seperti ” Runtime error 75 path/file access error”, lihat kode runtime error untuk melihat penjelasan kode kesalahan dan informasi tambahan dan penyebab kesalahan tersebut.
Konflik Terminate-and-stay-resident
Jika Anda mengalami pesan kesalahan runtime sedangkan Anda memastikan bahwa masalah tidak disebabkan oleh program pihak ketiga atau TSR seperti daftar dibawah, dan anda tetap mengalami masalah yang sama, pastikan bahwa tidak ada utilitas atau program yang sedang dibuka di autoexec.bat /config.sys dengan cara penggantian nama file temporal. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk di bawah ini.
Boot ke MS-DOS prompt. Klik [start] lalu ketik [cmd] pada kotak search. Setelah masuk MS-DOS prompt, ketik: cd lalu tekan enter. Selanjutnya ketik lagi : [ren autoexec.bat autoexec.ch] lalu tekan enter. Ketik lagi : [ren config.sys config.ch] lalu tekan enter. Catatan ketika mengetik jangan memasukkan tanda ini []
Setelah selesai, reboot komputer.
Masalah software
Jika masalah tetap ada kemungkinan bahwa program, utilitas atau permainan yang menyebabkan runtime error. Verifikasi melalui situs web pengembang bahwa semua update atau patch yang mungkin tersedia yang telah Anda download dan install.
Jika tidak ada patch atau update yang tersedia, upaya untuk menghapus dan / atau instal ulang program yang menyebabkan masalah. Jika Anda memiliki runtime error pada sistem operasi Anda, instal ulang sistem operasi.
Add-on, plug-in, atau perangkat lunak tambahan
Banyak error runtime juga disebabkan oleh Pengaya lain, plug-in, atau perangkat lunak tambahan lain yang telah diinstal ke komputer dan berhubungan dengan program. Jika Anda memiliki perangkat lunak tambahan yang terinstal dan berhubungan dengan program yang menghasilkan kesalahan pastikan tidak ada tersedia update untuk program-program dan/atau mencoba menguninstall masing-masing untuk memastikan mereka tidak menyebabkan masalah anda.
Virus komputer
Karena virus komputer yang mampu merusak sistem pengaturan/memori maka adalah mungkin bagi virus komputer untuk menghasilkan runtime error. Jika Anda saat ini menjalankan program perlindungan virus pada komputer Anda pastikan Anda memiliki patch atau update terbaru. Jika Anda tidak memiliki program perlindungan virus komputer disarankan membeli salah satunya. Pastikan tidak ada lagi virus di komputer Anda.
Masalah memori
Akhirnya, jika anda telah mengikuti semua rekomendasi di atas, adalah mungkin bahwa Anda mungkin menghadapi hardware memori. Kami sarankan Anda menghubungi dulu pengembang dari program yang menyebabkan masalah untuk setiap kemungkinan solusi. Jika tidak ada solusi yang ditemukan, kami sarankan Anda menghubungi produsen motherboard komputer atau rekomendasi tambahan dan/atau jasa layanan terkait.

0 komentar:

Poskan Komentar